Minggu, 23 September 2012

Prediksi Soal dan Pembahasan SNMPTN 2012-Bahasa Indonesia no 21- 25

Prediksi Soal no. 21 :
21. Kehidupan orang Malind, salah satu suku di Papua yang masih mengandalkan perburuan dan penokokan sagu untuk mencari makanan, sangat dipengaruhi alam. Selama ribuan tahun kekayaan hutan ulayat Malind membuat hidup mereka berkelimpahan. Sagu di mana-mana, saham (kanguru kecil) dan rusa berlarian, burung-burung berkicau di sekitar kampung adat, dan ikan pun melimpah. Namun, sekitar dua puluh tahun lalu, sebuah sentakan budaya terjadi ketika lebih dari 48.000 hektare hutan ulayat dibuka menjadi sawah bagi para transmigran.
Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa …
A) Kehidupan suku Malind telah berubah dari sistem meramu dan berburu ke bercocok tanam.
(B) Pembukaan hutan ulayat menjadi sawah telah mempengaruhi kehidupan suku Malind.
(C) Kesejahteraan suku Malind semakin me-ningkat sejak dibukanya hutan ulayat menjadi sawah.
(D) Sejak dibukanya hutan ulayat menjadi sawah, suku Malind tidak lagi dapat berburu.
(E) Suku Malind belajar bercocok tanam di sawah dari para transmigran yang datang ke daerah itu.
Prediksi Soal no. 22 : Pada tahun 2008 pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan melambat menjadi 2% atau sedikit menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurut IMF, sekitar 1 % penurunan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat akan menurunkan pertumbuhan ekonomi di Asia sekitar 0,5% – 1%. Dampak resesi global yang berasal dari resesi di Amerika Serikat akan mem-pengaruhi proyeksi perekonomian di negara-negara Asia, terutama Indonesia. Ekonomi global diperkirakan mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 0,4%, dari 5,2% pada tahun 2007 menjadi 4,8% pada tahun 2008. Negara-negara di Asia Tenggara diperkirakan mengalami tekanan paling parah akibat melambatnya ekonomi yang terjadi di Amerika.
Berdasarkan bacaan di atas, pernyataan berikut ini yang salah adalah …
(A) Penurunan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat berdampak pada penurunan pertumbuhan ekonomi global.
(B) Pada tahun 2008 pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan lebih rendah daripada pertumbuhan ekonomi global.
(C) Pada tahun 2008 Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 1 %.
(D) Sebagai dampak penurunan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, pertumbuhan ekonomi di Asia tidak akan turun lebih besar daripada besarnya angka penurunan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.
(E) Jika pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat turun 2%, sebagai dampaknya pertumbuhan ekonomi negara Asia akan turun sebesar 1 % – 2%.
Prediksi Soal no. 23 : Satu pelajaran penting yang dapat diambil dari pelbagai macam upaya penyelesaian konflik Palestina dan Israel adalah bahwa konferensi atau perundingan apa pun tidak mampu mengubah warna jalan-jalan di Timur Tengah. Tatkala perdamaian menderu kencang di ruang konferensi, suara tembakan dan kekerasan acap kali mewar-nai jalan-jalan di kawasan itu. Persoalan konflik Palestina dan Israel bukan persoalan elite belaka. Persoalan ini telah menyebar dan meluas menjadi persoalan masyarakat Timur Tengah secara umum.
Berdasarkan isi bacaan di atas, pernyataan berikut ini benar, kecuali …
(A) Konflik Palestina dan Israel bukan hanya persoalan kedua bangsa itu.
(B) Dalam penyelesaian konflik Palestina dan Israel antara hasil perundingan dengan kenyataan di lapangan sering tidak sejalan.
(C) Sampai saat ini belum ada perundingan yang dapat menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.
(D) Hanya perundingan para elite kedua negara yang dapat menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.
(E) Masyarakat Timur Tengah belum memiliki pandangan yang sama dalam menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.
Prediksi Soal no. 24 : Selain masih minim dan kurang terurusnya fasilitas, persoalan toilet umum yang kotor di kota berakar pada masalah budaya masyarakat. Dalam budaya masyarakat Indonesia yang agraris, masyarakat pada zaman dahulu pernah punya kebiasaan buang
hajat di alam terbuka, seperti sungai, empang, hutan, atau semak belukar di belakang rumah, tanpa harus membersihkannya. Kotoran dibiarkan saja karena bisa langsung diurai organisme dalam tanah, tumbuhan atau air. Di kota orang harus buang hajat di toilet, tetapi kebiasaan lama masih dibawa. Buktinya, masih banyak pengunjung toilet umum pergi begitu saja tanpa menyiram atau membersihkan peturasannya.
Topik paragraf di atas adalah ….
(A) persoalan toilet umum
(B) budaya masyarakat Indonesia
(C) organisme dalam tanah
(D) kebiasaan lama orang dalam buang hajat
(E) pengunjung toilet umum
Prediksi Soal no. 25 : Investasi perlu didorong ke luar Jawa. Selain kekayaan sumber alamnya, investasi di luar Jawa juga lebih menarik karena daya beli rata-rata masyarakat di luar Jawa sebenarnya lebih tinggi dibandingkan dengan daya beli rata-rata penduduk Pulau Jawa. Namun, keterbatasan infrastruktur di luar Pulau Jawa masih menjadi penghambat pengembangan investasi di sejumlah sektor. Dalam bacaan di atas tersirat bahwa ….
(A) selama ini investasi lebih terpusat di Pulau Jawa
(B) belum ada investasi di luar Pulau Jawa
(C) investasi di Pulau Jawa sudah tidak menguntungkan lagi
(D) investasi di luar Pulau Jawa akan mendatangkan keuntungan besar
(E) investasi di luar Pulau Jawa terhambat oleh keterbatasan infrastruktur
Pembahasan Soal no. 21 :   Bacaan tersebut berisi tentang kehidupan orang Malind, Papua yang banyak dipengaruhi oleh keberadaan hutan ulayat Malind.
Kesimpulan bacaan tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yaitu terjadi sentakan budaya ketika hutan ulayat dibuka menjadi sawah. Dengan kata lain, pembukaan hutan ulayat menjadi sawah telah mempengaruhi kehidupan suku Malind.
Jawaban: B
Pembahasan Soal no. 22 : Bacaan tersebut berisi tentang dampak me-nurunnya pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat bagi perekonomian negara-negara di Asia.
Pernyataan yang salah berdasarkan bacaan tersebut adalah pada tahun 2008 Amerika Serikat diperkirakan akan mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 1%.
Pernyataan ini salah karena dalam bacaan disebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada tahun 2008 diperkirakan menurun sebesar 2%.
Jawaban: C
Pembahasan Soal no. 23 : Isi bacaan tersebut adalah persoalan atau konflik Palestina dan Israel telah menjadi persoalan masyarakat Timur Tengah secara umum sehingga perundingan atau konferensi yang dilakukan oleh para elite kedua negara tidak mampu menyelesaikan konflik.
Pernyataan yang tidak benar adalah hanya perundingan para elite kedua negara yang dapat menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.
Jawaban: D
Pembahasan Soal no. 24 : Topik merupakan pokok pembicaraan atau gagasan utama yang menjadi bahasan sebuah paragraf.
Topik yang dibicarakan paragraf tersebut adalah persoalan toilet umum.
Jawaban: A
Pembahasan Soal no. 25 : Dalam bacaan tersebut disebutkan bahwa investasi perlu didorong ke luar Jawa karena sumber alam di luar Jawa lebih kaya dan daya beli masyarakat lebih tinggi.
Disebutkan pula bahwa keterbatasan infrastruktur di luar Jawa menjadi penghambat pengembangan investasi.
Pernyataan dalam bacaan yang diungkapkan secara tersirat atau tersembunyi adalah selama ini investasi lebih terpusat di Pulau Jawa.
Jawaban: A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar