Minggu, 23 September 2012

Prediksi Soal dan Pembahasan UN SMA IPA 2011 , Bahasa Indonesia 1-5


Soal dan Pembahasan UN SMA IPA 2011 , Bahasa Indonesia 1-5
Soal no. 1
(1) Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2)Padahal, Kementerian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal belum buku digital yang diakses dari internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah . . . .
A. empat puluh sembilan judul buku digital
B. buku pelajaran digital di internet
C. kemungkinan penggunaan buku digital
D. keuntungan program buku digital
E. pengetahuan guru tentang buku digital
Pembahasan no. 1 Ide pokok paragraf atau biasa dikenal dengan gagasan utama yang merupakan bagian penting dalam suatu paragraf. Ide pokok paragraf tersebut adalah pengetahuan guru tentang buku digital
Jawaban: E
Soal no. 2
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Pembahasan no. 2 Kalimat fakta merupakan kalimat yang berdasarkan kenyataan dari sebuah peristiwa. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor (2)
Jawaban: B
Bacalah paragraf berikut dengan saksama lalu kerjakan soal nomor 3 dan 4! (1) Masalah dan tantangan mendasar bukanlah hal yang harus kita hindari karena pemahaman sikap dan jawaban kita terhadap perubahan ekologis yang juga disebut pemanasan global itu menentukan peri kehidupan kita selanjutnya. (2) Contohnya jika dihadapkan pada jalan becek, kita akan mencari jalan menyisir. (3) Langkah berikutnya, kita akan memperbaiki jalan becek itu. (4) Jalan yang terendam air ke bandara, kita terobos dengan menggunakan perahu karet. (5) Bahkan, masih hanus ada tindakan selanjutnya, yakni memelihara dan mengawasi lebih efektif kondisi jalan itu secara terus menerus.
Soal no. 3
Kalimat utama paragraf tersebut terdapal pada nomor . . . .
A. (1)                     C. (3)                           E. (5)
B. (2)                     D. (4)
Pembahasan no. 3 Kalimat utama paragraf terletak di awal (deduktif), akhir (induktif), atau di awal dan akhir (campuran). Kalimat utama biasanya mengemukakan persoalan yang bersifat umum. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor (1). Yaitu tentang permasalahan hidup yang tidak harus dihindari.
Jawaban: A
Soal no.4
Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah nomor . . . .
A. (1)                     C. (3)                           E. (5)
B. (2)                     D. (4)
Pembahasan no. 4 Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah nomor   sebab dari kalimat tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan kalimat sebelumnya. Kalimat sebelumnya menjelaskan tentang permasalahan pemanasan global, sedangkan pada kalimat keempat menjelaskan tentang banjir yang merendam jalan ke bandara.
Jawaban: D
Soal no. 5
Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!
Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya, Secara sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang di bagian tubuh mana pun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis, terkena paru-paru, dan akan menjadi bronkitis.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah . . . .
A. infeksi yang menyerang otak manusia
B. infeksi yang mengenai paru-paru manusia
C. kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia
D. infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu
E. antibiotik yang diproduksi dari tumbuhan tingkat tinggi
Pembahasan no. 5 Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia.
Jawaban: C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar